Home » » 7 Makanan Pencegah Kolesterol jahat

7 Makanan Pencegah Kolesterol jahat


Menumpuknya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, jelas sekali akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan anda. Penyakit penyakit yang timbul akibat kolesterol jahat, seperti Jantung, Stroke, Hipertensi dan banyak penyakit serius lainnya. Tentu saja mengkonsumsi makanan yang sehat akan jauh lebih baik daripada anda sudah terkena dampak dari Kolesterol jahat. Untuk Hipertensi anda bisa dengan konsumsi makanan penurun darah tinggi, dan untuk yang diabetes dengan tips mencegah diabetes. Apa saja makanan untuk mencegah kolesterol jahat menumpuk dalam tubuh? Berikut 7 makanan pencegah kolesterol jahat.

Kita semua tahu, kadar kolesterol jahat yang tinggi pada tubuh bisa menyebabkan berbagai penyakit mulai dari hipertensi, jantung hingga stroke. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai mengonsumsi makanan yang bisa mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik mulai dari sekarang.

Apa saja makanan itu? Menurut American Heart Association, makanan seperti gandum, teh dan salmon adalah beberapa makanan terbaik untuk melawan kolesterol jahat. Berikut ini daftar makanan lainnya, seperti dikutip dari Times of India

1. Oats
Ganti sarapan roti tawar Anda dengan oats. Dua cangkir oats bisa menurunkan kolesterol jahat hingga 5,3 persen hanya dalam enam minggu. Oats mengandung zat yang disebut beta-glucan yang berfungsi seperti spons; menyerap kolesterol jahat.

2. Salmon & Ikan Berlemak
Kaya akan asam lemak omega-3, salmon membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegahnya terkena serangan jantung dan stroke, sekaligus menjaga kadar kolesterol dalam darah. Ikan-ikan yang memiliki omega-3 seperti salmon, sarden dan herring bisa meningkatkan jumlah kolesterol baik hingga 4 persen.

3. Kacang
Asam lemak tak jenuh tunggal yang terdapat dalam kacang dan biji-bijian akan menambah kadar lemak sehat pada tubuh. Karena lemak yang terkandung dalam kacang alami dan tidak mengalami proses kimiawi, makanan ini sangat baik sebagai alternatif camilan sehat dan mengenyangkan.

4. Biji-bijian
Biji-bijian seperti polong atau kacang merah sangat baik untuk jantung. Setengah cup biji-bijian yang ditambahkan dalam diet harian Anda (sebagai tambahan pada sup atau sayur) akan membantu menurunkan level kolesterol jahat hingga 8 persen.

5. Teh
Teh memiliki antioksidan lebih banyak dan kafein lebih sedikit dibandingkan kopi. Dalam satu cangkir teh, hanya terdapat 30 hingga 40 mg kafein, sedangkan kopi mencapai 135mg. Teh membantu melindungi tulang karena kandungan phytochemicals. Zat ini juga sangat baik sebagai pertahanan terhadap tingkat kolesterol jahat.

6. Bayam
Bayam mengandung 13 senyawa flavonoid yang bisa mencegah kita terkena kanker, penyakit jantung dan osteoporosis. Setengah cangkir bayam setiap hari, menurunkan risiko terkena serangan jantung.

7. Minyak Zaitun
Minyak ini memiliki banyak manfaat. Mengandung asam lemak tak jenuh yang menurunkan kolesterol jahat, tanpa mengurangi level kolesterol baik. Semakin murni minyak zaitun, khasiatnya akan semakin baik. Jadi pastikan Anda memilih mintak zaitun berlabelkan 'extra virgin' atau 'virgin'

sumber: wolipop. com


Tags: 7 Makanan Pencegah Kolesterol jahat

0 komentar:

Posting Komentar