Home » » Manfaat Kencur

Manfaat Kencur


Kencur adalah salah satu jenis tanaman obat dan merupakan salah satu jenis tanaman dalam suku temu-temuan. Kencur yang dalam istilah latin ini disebut dengan Kaempferia galanga L. Kencur adalah tanaman yang sering digunakan dalam pembuatan obat tradisional atau lebih sering disebut dengan jamu. Kencur masih memiliki kerabat dengan jahe, kunyit, kunci dan sebagainya. Manfaat kencur telah banyak digunakan sejak jaman nenek moyang. Kencur digunakan sebagai bahan dasar pengobatan tradisional selama ratusan tahun. Pernahkah anda mendengar atau minum jamu beras kencur? Atau bahkan anda adalah konsumen setia dari jamu beras kencur?

Sejak jaman dahulu, kencur telah dikenal sebagai tanaman obat yang banyak digunakan untuk membantu mengobati berbagai macam penyakit. Manfaat kencur antara lain adalah untuk membantu meringankan sakit kepala, influenza, keselo dan beberapa penyakir ringan lainya. Khasiat kencur juga telah dikenal sejak jaman dahulu untuk membantu melangsingkan tubuh, meringankan serangan penyakit migrain, mengobati asthma, mengobati penyakit rematik, mengobati tetanus, batuk serta mampu menghilangkan jerawat. Berdasarkan riset laboratorium, khasiat kencur tersebut dikarenakan dalam tanaman kencur terdapat lebih dari 23 senyawa dan tujuh diantara senyawa tersebut mengandung senyawa monoterpena, senyawa aromatik dan seskuiterpena.

Manfaat kencur saat ini juga banyak digunakan untuk bahan pembuatan obat modern maupun bahan kosmetik.


Cara Mendapatkan Khasiat Kencur

Jika anda ingin membuat ramuan tradisional dengan bahan kencur, anda cukup mengolahnya dengan cara sederhana. Khasiat kencur bisa dengan mudah anda rasakan dengan mengkonsumsi kencur secara rutin, baik itu berbentuk jamu tradisional maupun dalam bentuk suplemen modern.

Salah satu manfaat kencur adalah sebagai pelangsing tubuh. Caranya, Seduh 1 rimpang kencur ditambah 1 sendok teh tepung beras dan 1 potong gula kelapa dengan segelas air panas. Diamkan beberapa saat kemudian minum 3 kali sehari secara rutin.

Khasiat kencur yang lain adalah untuk mengobati batuk. Caranya, Parut 3 potong kencur sebesar jari dan masukkan ke dalam setengah gelas air yang sudah di beri garam secukupnya. Kemudian minum setiap pagi dan sore dalam beberapa hari, batuk anda akan reda. Kencur tidak memiliki efek samping yang berbahaya, jadi tidak ada batasan umur agar bisa mengkonsumsi kencur tetapi juga tidak boleh terlalu berlebihan.


Tags: Manfaat Kencur

0 komentar:

Posting Komentar