Home » » Resep Masakan Ikan Nusantara

Resep Masakan Ikan Nusantara


Kita tahu, negeri ini kaya dengan beragam jenis ikan. Baik ikan air tawar atau ikan laut. Dan, yang lebih mengagumkan lagi, masing-masing wilayah memiliki ciri khas tersendiri dalam mengolah ikan.

Ada yang menyajikan ikan dengan bumbu gurih, manis, pedas, hingga asam. Namun, semua terasa lezat di lidah.

Berikut ini adalah beberapa jenis resep khas nusantara dengan bahan olahan ikan:

* Pesmol Ikan Khas Betawi – Masakan satu ini dapat menggunakan ikan gurame, tuna, kakap atau bandeng, sesuai selera. Cara membuatnya sederhana. Ikan digoreng terpisah, lalu bumbu dihaluskan dan ditumis. Siram ikan dengan bumbu tersebut.

* Ikan Pesmol Acar Kuning – Ikan yang digunakan adalah ikan nila atau gurame, namun dapat juga diganti dengan ikan mujair.

* Ikan Bakar Colo Dabu Dabu Papua – Ikan yang digunakan adalah ikan kue/baronang namun dapat diganti dengan ikan lainnya seperti kembung atau kerapu.

* Gulai Kepala Ikan Kakap Merah – Resep satu ini adalah masakan khas Minang. Rasanya menakjubkan, bukan hanya karena bumbunya, namun juga karena kelezatan kepala kakap yang besar dan sedap bila diisap-isap.

* Ikan Mas Woku Sulawesi – Resep ini juga menggunakan kunyit sebagai salah satu bumbunya.

* Pepes Ikan Mas – Selain lebih sehat karena tidak perlu digoreng, rasa pepes ikan mas juga sulit terlupakan oleh lidah.

* Tim Ikan Kerapu – Resep satu ini adalah makanan khas Sumatera Selatan, dari Sungai Musi.

* Resep Pindang Bandeng – Resep ini adalah makanan khas Betawi. Namun, biasanya ikan bandeng yang digunakan adalah Bandeng Imlek karena kualitasnya bagus, selain besar-besar, lemaknya pun tebal.

* Bandeng Bumbu Bali – Seperti masakan Bali lainnya, resep satu ini banyak menggunakan cabai.

* Pindang Ikan Patin – Ada yang ikan patinnya dibakar terlebih dulu, atau langsung digabungkan dengan bumbu seperti pada resep satu ini.

* Abon Ikan – Dapat menggunakan ikan tuna atau tenggiri. Cocok untuk menemani makan di saat sahur, praktis, cukup dicampur dengan nasi.

* Ikan Kuah Garam khas Ternate – Ikan yang digunakan adalah ikan kerapu.

Tak perlu susah kan sekarang jika ingin mengolah ikan? Cukup ikuti salah satu resep di atas.

Perlu diingat bahwa ikan memiliki banyak manfaat. Jenis lemak di dalam ikan (asam linoleat) setelah melalui proses metabolisme dalam tubuh manusia akan menghasilkan asam lemak yang kemudian dikenal dengan nama omega 3 yang dapat mencegah penyakit jantung dan penyakit degeneratif lainnya.


Tags: Resep Masakan Ikan Nusantara

1 komentar:

Toko Online Ramuan Madura mengatakan...

mg bermanfaat..

Posting Komentar